Tentang iphone 3g by Telkomsel

 

apple-iphone-3g

waktu pertama kali denger telkomsel mo masukin iphone ke Indonesia, cukup senang juga gw. akhirnya ada juga opertaor yang berani masukin “Gadget of the Year 2008” dari majalah Time (cmiiw). walaupun beritanya udah santer dari tahun kemaren, waktu angkatan gw company visit ke telkomsel setaun lalu kita juga sempet nanyain ama orang telkomselnya. tapi yaa, masih bungkam, hehehe jawaban standar “liat saja nanti”.

lama juga nungguin, eh ada beberapa temen di kampu yang udah bli FU nya, 10jt, wow!

taun 2008 udah mo abis, masih blom ada tanda2 apapun. di awal 2009 baru deh telkomsel ngumumin kalo mereka udah melakukan perjanjian dengan apple untuk menjual iphone 3g di indonesia. dan beberapa saat kemudian, reservasi pembelian via web udah bisa dilakukan. menurut telkomsel, ada sekitar 17ribu orang yang melakukan reservasi iphone 3g. sambil nunggu waktu peluncuran dan harga pastinya, di forum2 banyak bermunculan prediksi harga berdasarkan harda dari luar negeri.

kebijakan apple, iphone 3g ga boleh dijual dengan harga lebih dari 300 dolar. tau bener tau engga. yang jelas ini mungkin menjadi strategi apple untuk bisa jual iphone dengan lebih banyak. tapi untuk itu, apple harus kerjasama dengan operator (biasanya terbesar) di negara yang ingin jual iphone. jadi ada simbiosis mutualisme, jualan iphone nya banyak, begitu pula si operator dapet tambahan pelanggan dengan loyalitas tinggi (karena mereka harus melakukan kontrak dengan operator, walaupun ada yang dujualtanpa bundling di beberapa negara).

melihat price plan sebuat operator dio thailand, tampaknya harga iphone 3g 8g akan sekitar 2.5jt dengan bualanan 300an ribu untuk 2tahun. terdengar masuk akal dan sesuai strategi, dengan begini akan banyak yang beli (karna cukup terjangkau). begitu pula singtel, pemegang 35% saham telkomsel, yang punya price plan mirip. singtel juga jual paket tanpa kontrak dengan harga SGD 1000, sekitar 7.5jt. waaah, harapan orang2 yang udah pesen pun tinggi.

waktu sepertinya semakin dekat, karena telkomel 2 kali mengirim email ke orang yang udah reservasi untuk segera bersiap-siap untuk backup contact dan download itunes (software untuk komunikasi iphone dengan pc). sampai akhirnya, seminggu sebelum peluncuran iphone, telkomsel merilis price plan mereka.

dan…

jauh dari perkiraan! kemahalan! begitulah beberapa komentar yang ada di forum2 yang ada di internet. dan mereka pun satu persatu menyatakan mundur.

harga iphone

memang benar, harga yang ditawarkan telkomsel mulai dari 2.6 juta, namun ini untuk kontrak 1 tahun dengan cicilan 733rb perbulan dan free 360min call, 300sms, 1000MB data. terdenagr kurang menarik bukan, kecuali untuk orang yang pernah nyicil bold sejuta buat 6 bulan dan hp2 seharga segitu. kalo merasa kemahalan dan freenya kebanyakan, coba paket tengah2 dengan cicilan 488rb, free 180 mins call, 150 sms dan 500MB data, DP nya? cukup 3.8juta. masih kemahalan? karna denger2 bonus ang dipake cuma bisa ke sesama telkomsel dan harnya belom termasuk ppn. coba paket terakhir dengan cicilan paling murah 354rb,  free 500mb data dan DP 4.45jt. terjangkau donk? –bualanannnya, hehe. DP yg gw sebutin itu buat iphone 3g yang 8GB, buat yang 16GB DPnya beda 1.5jtan.

oia, ada juga paket prabayar dengan harga 9.605rb (8GB) dan 11.205rb(16GB), bonus simpati pede dan data 500MB perbulan. hmmm, tambah mahal aja yaa? dengan harga begini, kelas yang disasar telkomsel memang A keatas.

kalo diitung2 dengan free nya, harga iphone nya emang jadi lebih menarik. cuman yang memberatkan yaa biaya bulanannya itu. apalagi dibandingkan dengan langganana bb yang perbulannya mulai dari 150rb. walaupun beda devices, bahkan fungsi, perangkat bb perlu dipertimbangkan karna sekarang menjadi gadget paling ngehype dan ngetrend disini. ga perlu dicoba, toh bb emang ga jauh beda dengan hp biasa. keunggulannya cuman batere lebih kuat jadi seharian ga perlu ngecharge. online 24 jam, bbm, dan lainnya bukan suatu keunggulan (buat gw) karna bisa didapatkan di hape biasa. beda dengan iphone.

iphone 3g secara umum dan fungsi emang ga jauh beda dengan hape touchscreen biasa. tapi, cara apple menyajikan iphone memang agak berbeda. menggunakan hape, yang biasanya pake tombol dan stylus, digantikan dengan tangan, resistive touchscreen. hal ini membuat aplikasi yang ada di iphone menjadi lebih menarik, dapat dibuat lebih menarik. plus ada accelerometer yang bikin nh gadget peka terhadap gerakan. gaming jadi lebih menyenangkan dengan menggoyang-goyangkan hape. emang kalo pas mo beli dan liat tuh iphone ga ada aplikasinya, bakalan jadi kurang tertarik. tapi kalo udah di jailbreak (crack ala iphone), pasti pendapatnya lain.

misalnya kalo di hp laen mo refresh facebook kudu pencet tombol refresh, di iphone cukup dengan digoyang (shake). kalo biasanya maen mobil harus pencet tombol d-pad (arah), di iphone cukup miring-miringin aja. mungkin agak sepele, tapi itu menyenangkan. hohoho. gw ga bermaksud untuk membesar-besarkan iphone, cuma memang gw cukup salut dengan gadget satu ini. idenga sih sebenernay simpel, gwmana cara buat hape menjadi lebih personal, lebih mudah dikuasai, dan beda dengan yang lain.

hal lain yang membuat iphone menarik yaitu, kapabilitas untuk upgrade software. dari software yang masih awal dan sepi, menjadi software yang lebih mateng dan bagus. ini ga bisa dilakuin di hape lain. inget kan hape symbian nokia 6600, OS nya ga bisa diupgrade ke symbian terbaru (nokia e71). mungkin karena hardwarenya ga memadari. di winmo, kalo ada yang punya O2 XDA IIs, sebelumnya pake winmo 2003 bisa aja diupgrade ke winmo 6 (cmiiw). kalo bb, yang punya curve dan ngiri dengan tampilan bold, terpaksa gigit jari karna OS nya emang beda, jadi browsingnya emang ga bisa full html kayak di comp. yaa, kalo cuma ganti themes aja bisa lah. bisa ganti OS tuh ngaruh banget, contohnya aja, OS iphone versi 1 dan 2 ga bisa cut, copy text. sementara OS terbaru yang versi 3 udah bisa. ga perlu ganti hape, cukup colokin ke komputer, buka itunes, klik upgrade OS, done.

back to topic….

dengan harga segitu, menurut gw sebagai anak marketing cukup worthed apabila: Factory Unlocked, opunya byk tmen yg pake telkomsel (karna bonusnya ke sesama aja), dan ada yang bayarin cicilannya. hehehe

menurut gw yang perna belajar finance ga worthed karena: seberapapun bonusnya, toh yang kita bayar kan tetep segitu. gw sih kalo punya duit sebanyak itu mending buat yng laen. apalagi internetnya ga unlimited.

analisa amatir dari saya….

Apple : pengen Iphone terjual banyak, mangakanya selalu kerjasama dengan operator gede.

Telkomsel : pengen Iphone jadi hape eksklusif, cukup kalangan yang berduit yang punya, jadi ga bisa murah. atau, takut untuk bikin kontrak 2 tahun karena blom berpengalaman jual hape bundling. takut kali kalo hapenya dibawa kabur, hehehe.

padahal, kalo aja iphone dijual lebih murah. ada kontrak 24 bulan. pastinya penjualan iphone meningkat, orang – orang yang udah reserve pasti akan ngambil semua. loyalitas konsumen jadi bertambah karna ada belasan ribu (bahkan bisa ratusan ribu) pelanggan yang tetep make telkomsel 2 tahun ke depan.

telkomsel takut pelanggannya kabur pas kontrak udah habis. ga mungkin! karna : apple bakal ngeluarin iphone yang lebih canggih, kalo telkomsel ngeluarin lagi, existing user iphone 3g pasti merasa senang karena mereka ga perlu repot ganti nomer. telkomsel pun jadi lebih mudah ngeliat market share karena datanya udah ada (dari penjualan iphone 3g). apalahi kalo pelayanan telkomsel memuaskan, dan pastinya akan begitu (as always). toh internet ga bakalan macet karna frekuensi udah bertambah kan, jadi ga ngurangin experience in using iphone. kalopun bonusnya cuma buat ke sesama telkomsel (sms dan telpon), buyer akan lebih merasa worthed karna tmen2nya juga pake nomer yg sama (pake iphone juga).

untuk sekarang, buyer kemungkinan akan berat ke bb karna lagi trend dan nge-hype. udah gitu biaya langganannya jauh lebih murah (sekitar 50%) daripada beli iphone.

sekian dari saya, ingat, ini hanya analisa amatir, sepengetahuan gw aja. yang jelas, tim marketing telkomsel pasti jauuh lebih pintar dari saya sehingga inilah yang mereka hasilkan. kalopun nantinya harga direvisi dan bisa terbeli, alhamdulillah. kalopun engga, ya udah memang belom rejeki orang banyak. hehehe. yang jelas, banyak anomali di negeri ini (mungkin ini yg coba digarap marketing telkomsel). yaudah, kita tunggu aja besok gimana.

apakah akan ada antrian panjang di south pavilion pacific place jam 8 malem? i guess so.

 

update:
-bonus sms cuma ke sesama telkomsel
-bonus nelpon buat panggilan lokal
-syarat buat ambil paket postpaid mesti pake kartu halo bertagihan rp 500rb selama 6
bulan terakhir (untuk beberapa kasus masih bisa lolos ternyata, syarat ga berlaku)
-kalo ga menuhin syarat, walopun pake kartuhalo, bakal disuruh beli paket yg prepaid (bayar cash langsung dimuka)
-ALL iPhone 3G are locked by Telkomsel, confirmed by part number

Rgrds

Topiq

Published by

topiqfurqan

an ordinary little boy

One thought on “Tentang iphone 3g by Telkomsel”

  1. wahhh…analisa yg menarik, secara gw jg dah reserve iphone 3g tp bgtu liat harganya jd mikir2 lg, mahal bo! aplgi update nya klo beli pake postpaid mesti kartu halo dg min byr 500rb slma 6 bln terakhir, wah ga msk buat gw yg pk kartu halo buat flash doang (msh jd pecinta simpati..:P).Eniwei, ya semoga aja dg byknya yg mundur utk beli iphone, tsel bisa revisi harga, dan moga2 bisa terjangkau ama kita2 yg pengen gadget keren tp kantong tipis, hehehehehhe…..

    Like

Leave a comment