antara im3 dan esia

emmm….
ternyata selain beda jaringan, dua kartu prabayar ini juga berbeda cara mempertahankan pelanggan. esia mati2an ngasih tau ke pelanggannya waktu mereka ada di masa tenggang, sampe ditelponin segala malah. terakhir gw masih ditelponin padahal gw udah isi pulsa di sebelum masuk masa tenggang, rese.

im3 malah berlaku sebaliknya. selama masa tenggang, boro2 ada ditelponin sms aja ga ada. yang ada malah sms entang rbt atau content premium gitu. aneh. persaingan ketat gini koq malah ngebiarin pelanggannya pindah yaa? (ga dijaga gitu maksudnya). walhasil, nomer gw yang udah berumur 5 tahunan itu angus. gw taunya karna tiba – tiba tuh hape ga dapet sinyal sama sekali, gw pikir hapenya yang rusak kan. trus gw pindahin nomernya ke hape gw yang satu lagi, sama aja ternyata. gw bawa deh ke galeri indosat yang ada di depok, eh kabar buruk, kartu gw angus. sial!

churn rate (kartu yang angus), di indonesia masih cukup tinggi. gw ga tau sih berapa angka pastinya (tanya kel daru kali yaa). yang jelas, churn rate ini, menurut gw, bise ngerugiin bisa juga nguntungin operator. nguntungin? iya donk, karna kan otomati ARPU (average revenue per user) dari operator kan meningkat. misalnya, arpu 10 rb dengan jumalh pelanggan jelas beda dengan arpu 9500 dengan 9 pelanggan. lagian rata2 orang yang buang kartu yaa makenya cuman dikit sebulan, asal tuh nomer ga angus aja. biasanya gitu.

ngerugiim? pasti! kalo nomernya angus harusnya si operator bertanya-tanya, kemanakah pelanggan saya pergi? nah ini, yang bikin rugi. walopun arpu naek, tapi kalo pelanggannya berkurang kan sama aja. apalagi sekarang ini persaingan antar operator lebih ke tujuan ngajakin semua orang pake operator A atau operator B. operator A bilang kalo dengan program ini dia bisa nelpon ke berjuta juta pelanggan (sesama operator). sementara operator b bilang kalo nelpon ke sesama bayarnya dikit selanjutnya gratis. nah kalo operator c nyuruh kita daftarin nomer tmen atau keluarga biar bisa dapet tarif murah.

intinya gini, misal ada orang A pindah ke operator B karna tmen – tmennya pake kartu B semua. nah mereka se geng ada 10, padahal tadinya cuamn ada 5 yang pake operator B, eh di pertemanan sisanya juga pada pindah. bayangin aja kalo ada 100 (atau lebih) kelompok yang berlaku sama. bisa anjlok deh jumlah pelanggannya.

nah, di kasus gw ini gw jadi tau kenapa esia mati2an nelponin pelanggannya buat make ngisi ulang kartu. yaa biar ga angus. kalo churn rate kecil kan operator seneng juga. yang indosat lakuin juga ga sepenuhnya salah, mungkin mereka takut reminder buat ngisi pulsa malah annoying (emang sih). tapi di sisi lain, jadi rugi juga kan kalo ada pelanggan yg kayak gw, kelupaan ngisi karna ga tau masa tenggangnya cuma sebulan.

semoga berguna

Rgrds
Topiq

Published by

topiqfurqan

an ordinary little boy

One thought on “antara im3 dan esia”

  1. sama bos, kartu ane juga angus gara2 gitu juga. kalo gw tiba2 gak bisa nelpon(emergency call only), eh pas nanya ke CS katanya kartu gw udah angus. padahal tu kartu udah 4th dipake. kecewa dah sama im3,,

    Like

Leave a comment